YAYASAN PESANTREN NURUL AMAL (YAPENA)
AKTA NOTARIS ACHMAD DIMYATI, SH. NO. 16 TANGGAL 10 APRIL 2012
KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAM RI NOMOR : AHU - 4817.AH.01.04 TAHUN 2012
NPWP : 02.253.754.2 - 505.000
Telp. 0813 8591 2015, 0813 2565 6119 / Email : yapena_mapsana@yahoo.com | Website : www.nurulamal.id | Jalan Wijaya Kusuma 01 Dsn. Kenteng Ds. Kenteng Bandungan 50614 Kab. Semarang Jawa Tengah

Sejarah

Pondok Pesantren Nurul Amal  adalah lembaga pendidikan Islam swasta (non-pemerintah). Dirintis sejak 2005. didirikan Pondok Pesantren pada tanggal 1 Juli 2005 oleh KH. Muwan Adzani, S.Ag dan Nyai Hj. Siti Rokfatun, S.Ag. beserta keluarga dengan sistem kurikulum yang terpadu, pendidikan berasrama, pengajaran bahasa Arab dan Inggris, serta kajian kitab kuning secara intensif.

Pondok Pesantren Nurul Amal  terletak di Jalan Wijaya Kusuma 01 Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah. Lokasi pesantren sangat menguntungkan karena berada di lingkungan wisata Bandungan, yang mana hal tersebut memudahkan sosialisasi, baik dengan instansi pemerintah maupun dengan masyarakat luas.

Dengan didukung oleh lingkungan yang asri, Pondok Pesantren Nurul Amal  berupaya untuk mencetak manusia yang muttafaqoh fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa, selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, kebebasan berfikir dan berperilaku atas dasar Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT.

Sebagai jenis pesantren semi modern,santri Pondok Pesantren Nurul Amal mempunyai pikiran terbuka dan moderat, tanpa menghilangkan unsur pendidikan salafi atau pendidikan tradisional. Disiplin dan kesederhanaan, diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan pesantren.

Di Pondok Pesantren Nurul Amal , pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta kegiatan santri sehari-hari dilaksanakan oleh para guru/ustadz dengan latar belakang pendidikan dari berbagai perguruan tinggi dan pesantren baik modern maupun salafi, yang sebagian besar tinggal di asrama dan secara penuh mengawasi serta membimbing santri dalam proses kegiatan belajar mengajar dan kepengasuhan santri.

Seiring berjalannya waktu, Pondok Pesantren Nurul Amal  dengan keikhlasan dan idealisme para pendirinya, lembaga ini terus berkembang, hingga saat ini memiliki lembaga pendidikan formal MTs dan MA Pesantren Satu Atap Nurul Amal. Dengan usaha selalu meningkatkan mutu pendidikan, pembangunan fisik, pengembangan dana dan mempersiapkan para kader untuk kemajuan jangka panjang lembaga pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.